PRODUK DAN MEKANISME OPERASIONAL ASURANSI SYARIAH

Takaful Umum

Fokus utamanya memberikan layanan dan bantuan menyangkut asuransi di bidang kerugian seperti perlindungan dari kebakaran, pengangkutan, niaga, dan kendaraan bermotor, dengan harapan bisa tercapainya masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan perlindungan asuransi yang sesuai Muamalah Syariah Islam.

Takaful Keluarga

Fokus utamanya memberikan layanan dan bantuan menyangkut asuransi jiwa dan keluarga, dengan harapan bisa tercapainya masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan perlindungan asuransi yang sesuai Muamalah Syariah Islam.

Takaful Umum

 

Takaful Keluarga

Layanan Individual

Layanan Group/Kumpulan                           

Takaful Co-Branding

 

MEKANISME OPERASIONAL ASURANSI SYARIAH

  1. Takaful Umum produknya berupa asuransi kerugian, misalnya asuransi risiko pembangunan gedung, asuransi kendaraan bermotor, asuransi kebakaran, dan asuransi pembongkaran. Setiap premi takaful yang diterima akan dimasukkan kedalam rekening khusus, yaitu rekening yang diniatkan tabarru, dan digunakan untuk membayar klaim kepada peserta apabila terjadi musibah atas harta benda atau peserta itu sendiri. Premi takaful akan dikelompokkan kedalam “kumpulan dana peserta” untuk kemudian diinvestasikan kedalam pembiayaan-pembiayaan proyek yang dibenarkan secara syariah. Keuntungan investasi yang diperoleh akan dimasukkan kedalam kumpulan dana peserta untuk kemudian dikurangi “beban asuransi” (klaim, premi asuransi). Apabila terdapat kelebihan sisa akan dibagikan menurut prinsip Mudharabah. Bagian keuntungan milik peserta akan dikembalikan kepada peserta yang tidak mengalami musibah sesuai dengan penyertaannya. Sedangkan, bagian keuntungan yang diterima perusahaan akan digunakan untuk membiayai operasional perusahaan.
  2. Takaful Keluarga produknya berupa asransi jiwa, misalnya takaful ukhuwah, asuransi medicare, safari, asuransi wakaf,dan takaful link (aliyah, istiqomah, mizan).
  • System pengelolaan dana tanpa unsur tabungan, untuk mekanisme operasional pengelolaan dananya sama saja dengan mekanisme operasional takaful umum.
  • System pengelolaan dana dengan unsur tabungan, pengelolaan dananya setiap premi takaful yang diterima akan dimasukkan kedalam dua rekening baik rekening tabungan maupun rekening khusus atau tabarru’. Premi takaful akan disatukan kedalam “kumpulan dana peserta” yang selanjutnya diinvestasikan dalam pembiayaan proyek yang dibenarkan secara syariah. keuntungan yang diperoleh dari investasi itu akan dibagikan sesuai dengan perjanjian mudharabah yang disepakati bersama. Atas bagian keuntungan milik peserta akan ditambahkan kedalam rekening tabungan dan rekening khusus secara proporsional. Rekening tabungan akan dibayarkan apabila pertanggungan berakhir atau mengundurkan diri dalam masa pertanggungan. Sedangkan, rekening khhusus akan dibayarkan jika peserta meninggal dunia dalam pertanggungan atau pertanggungan berakhir (jika ada). Untuk bagian keuntungan perusahaan akan digunakan untuk membiayai operasional perusahaan.

 

REGULASI ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA

  1. UU No. 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian
  2. Fatwa DSN MUI No. 21/DSN-MUI/X/2001 Tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah
  3. Peraturan Perundang-undangan:

ü  Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 426/KMK.06/2003, tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

ü  Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 424/KMK.06/2003, tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

ü  Keputusan Direktur Jenderal Lembaga Keuangan No. Kep. 4499/LK/2000, tentang Jenis, Penilaian, dan Pembatasan Investasi PerusahaanReasuransi dengan Sistem Syariah.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s